Resep ikan pedas Yotam Ottolenghi

Posted on

Sepotong ikan yang baru dimasak tanpa perasan lemon adalah kejahatan serius terhadap hukum memasak. Ya, setidaknya dalam buku saya. Kesegaran dan keasaman yang cerah hanya mengangkat daging putih yang lembut ke dalam bidang yang lebih keras dan menyaring rasanya.

Tomat, dengan tingkat keasaman yang lebih manis dan lebih ringan, dapat melakukan hal serupa. Namun mereka juga membawa earthiness, gema dari rasa tanah. Inilah sebabnya mengapa saus tomat – berbagai macam, sangat bervariasi satu sama lain, tergantung di mana di dunia mereka dimasak – bekerja sangat baik dengan ikan. Mereka tampaknya mengawinkan esensi dari daratan dan laut menjadi sesuatu yang baru dan sepenuhnya lezat, disorot oleh hit keasaman yang sangat dibutuhkan.

Kaldu rasam sangat tebal dan kuat sehingga Anda hanya ingin ikan yang sederhana saja. Buat hidangan ini sendiri dengan menggunakan ikan atau makanan laut yang tersedia untuk Anda, atau buatlah vegan dengan menambahkan beberapa sayuran yang sudah dimasak sebagai pengganti ikan (terong atau kentang akan bekerja dengan baik di sini). Sajikan sendiri atau dengan nasi putih atau beras merah.

4 fillet trout pelangi bersumber berkelanjutan (520g), skin-on (coba gunakan potongan tengah, bukan potongan ekor untuk ini)
1 sdm minyak bunga matahari
2 sdm ketumbar, cincang kasar

Untuk rasam asam
50g blok asam (varietas Thai basah)
30g jahe, kulit kiri dan iris tipis
15g kunyit segar, skin-on, dan iris tipis
1 cabai hijau, irisan kasar, biji dan semuanya (20g)
Garam

untuk saus
250 g tomat ceri
2½ sdm minyak bunga matahari
½ lemon, memanjang separuh, potong setengah bulan setebal ¼cm, biji dihilangkan
1½ sdt biji jintan, ditumbuk halus dalam mortar
1 sdt biji sesawi hitam
2 cabai merah kering (varietas sepanjang jari)
2 batang daun kari (sekitar 20 daun)
3 siung bawang putih, kupas dan ditumbuk
3-4 tomat prem (300g), parut kasar dan kulitnya dibuang (250g)
2 sdt gula kastor

Buat rasam: masukkan asam, jahe, kunyit, cabai hijau, 1,2 liter air dan satu sendok teh garam ke dalam panci sedang dan kenakan api sedang-tinggi. Didihkan, kecilkan api sampai sedang dan didihkan perlahan selama 20 menit, aduk untuk memecah bubur asam. Saring melalui saringan ke dalam mangkuk besar, tekan untuk mengekstrak rasa sebanyak mungkin. Buang makanan padat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *