Nasi Magelangan (versi sayuran)

Posted on

Saya telah menerbitkan resep untuk nasi kotor sebelumnya, dan itu termasuk daging giling dan jeroan, yang memberikan hidangan selatan ini, yang saya ambil di New Orleans, yang terlihat seperti noda.

Versi vegetarian non-tradisional, tetapi sama lezatnya (atau vegan, jika Anda tidak menggunakan mentega) menggunakan bawang merah karamel, bawang putih hitam, dan kacang untuk menghasilkan rasa yang serius dan tampilan “kotor” yang khas.

Campuran bumbu cajun bervariasi dalam tingkat panas dan tambahan garam, jadi Anda mungkin perlu menyesuaikan seberapa banyak yang Anda tambahkan sesuai selera.

200g nasi basmati
85 ml minyak zaitun
Garam
7 siung bawang putih, kupas, 4 iris halus dan 3 ditumbuk

50g mentega tawar (atau minyak zaitun 50ml tambahan, untuk membuatnya vegan)
3 bawang, dikupas dan dicincang halus (350 g)
180 g chestnut yang sudah dimasak dan dikupas, cincang halus
25g bawang putih hitam (sekitar 15 siung), cincang halus
1½ sdm campuran bumbu Cajun (saya menggunakan Bart)
150 ml kaldu sayur atau air
Peterseli 10g, dicincang halus
1 sdm jus lemon

Tambahkan nasi, dua sendok teh minyak, seperempat sendok teh garam dan 400 ml air mendidih ke dalam panci sedang, yang Anda punya tutupnya, dengan api sedang-tinggi. Kecilkan api, tutup panci dan biarkan masak selama 12 menit. Angkat dari api dan sisihkan, ditutup, selama 10 menit sebelum mengembang dengan garpu.

Saat nasi sedang dimasak, panaskan tiga sendok makan minyak dalam wajan yang sangat kecil dengan api sedang. Setelah panas, goreng bawang putih yang diiris, aduk untuk memisahkan irisan, sampai emas pucat – sekitar dua menit. Tonton bahwa Anda tidak memasaknya lebih lanjut, atau itu bisa terbakar dan menjadi pahit. Gunakan sendok berlubang untuk memindahkan bawang putih ke piring berlapis kertas, menyimpan minyak. Taburi bawang putih goreng dengan sedikit garam dan sisihkan.

Tambahkan mentega, sisa dua sendok makan minyak, bawang dan bawang putih yang dihancurkan ke dalam wajan tumis antilengket dengan api besar. Goreng selama sekitar 14 menit, tahan keinginan untuk mengaduk terlalu sering, sampai bawang berwarna cokelat keemasan. Bawang harus menangkap di bagian bawah wajan setiap saat, tapi jangan terbakar, jadi matikan api jika perlu.

Kurangi panas menjadi sedang-tinggi, tambahkan chestnut, bawang putih hitam, rempah-rempah Cajun dan setengah sendok teh garam, dan terus goreng selama tujuh menit, aduk terus-menerus, sampai semuanya berwarna gelap, cokelat tua, tapi tidak terbakar.

Aduk nasi ke dalam campuran sampai benar-benar tercampur, dan tambah panasnya sampai tinggi. Setelah nasi di dasar wajan mulai renyah sedikit – dua hingga tiga menit – tambahkan kaldu dan masak, tidak terganggu, sampai menguap – sekitar dua menit lagi. Angkat dari api, aduk melalui peterseli, irisan bawang putih, jus lemon dan minyak bawang putih yang disediakan, dan sajikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *